Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila di sekolah berasrama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyudi Saputra
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi
Cici Nur Azizah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia Di Sekolah Berasrama SMA Negeri Unggul Dharmasraya dan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dan solusi yang dilakukan. Dimensi ini memiliki lima indikator yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, akhlak bernegara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Perwujudan indikator tersebut dilaksanakan dengan program seperti berikut, akhlak beragama diwujudkan dengan pelaksanaan salat fardhu berjamaah dan salat dhuha, forum annisa, Takhasus dan Tahfidz Qur’an, dan Membaca Qur’an Sebelum PBM. Akhlak pribadi diwujudkan dengan pelaksanaan program Bina Remaja Islam Cendekia dan membudayakan 6S 1D.Akhlak kepada manusia diwujudkan dengan program pameran festival busana lokal dalam keberagaman. Akhlak kepada alam dilaksanakan dengan Kegiatan peduli lingkungan. Akhlak bernegara dilaksanakan melalui program upacara bendera setiap hari senin dan juga pembelajaran PPKn. Tantangan yang dihadapi berbeda dari setiap indikator dan program atau kegiatan yang dilaksanakan baik itu tantangan dari peserta didik, kemudian dari segi waktu pelaksanaan, atau juga dari guru dan pihak sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputra, W., Ananda, A., Indrawadi, J., & Azizah, C. N. (2024). Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila di sekolah berasrama . Journal of Education, Cultural and Politics , 4(2), 384-393. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.483

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>