Peran pemulung dalam menunjang pendidikan anak
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk peran pemulung dalam menunjang pendidikan anak dan faktor penghambat pemulung dalam menunjang pendidikan anaknya di TPAS Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari Lurah, RT, Pemulung, Anak Pemulung, dan Guru yang mengajar anak pemulung di sekolah. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga peran pemulung dalam menunjang pendidikan anaknya di TPAS Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang. Pertama, sebagai fasilitator, pemulung dalam menjalankan peran sebagai fasilitator memcoba untuk mengusahakan perannya, dengan mencoba memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan anak dalam pendidikannya. Kedua, sebagai motivator, pemulung dalam menjalankan peran sebagai motivator mencoba mengusahakannya, dilakukan dengan cara memberikan dukungan serta apresiasi kepada anak ketika berprestasi disekolah, walaupun dengan hanya memberikan pujian. Ketiga sebagai pengawas, pemulung dalam menunjang pendidikan anaknya sebagai pengawas mencoba mengusahakannya, pemulung masih menyempatkan diri untuk menanyakan aktivitas anak disekolah. Sedangkan faktor penghambat pemulung dalam menunjang pendidikan anak yaitu rendahnya pendidikan orang tua, psikologi keluarga, kemiskinan, dan lingkungan masyarakat.