Strategi pemenangan Partai Demokrat dan PKS di DPC Kota Padang dalam Pemilu 2024

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Deva Alfian Tama
Hasrul Hasrul
Al Rafni
Susi Fitria Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi segmentasi, targeting, dan positioning (STP) yang digunakan kedua partai, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, informan dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partai Demokrat mengelompokkan pemilih berdasarkan jenis kelamin, sosial budaya, dan kelas sosial, dengan fokus utama pada perempuan. Strategi targeting dilakukan melalui penokohan, serta positioning dilakukan dengan membangun citra politik melalui tagline, program kerja, dan media kampanye. Sementara PKS, melakukan segmentasi dengan fokus pada perempuan melalui kegiatan keagamaan dan pemilih muda, serta targeting dengan melakukan penokohan. Positioning PKS dilakukan melalui tagline, program kerja, dan media kampanye. Kendala yang dihadapi mencakup tingkat akurasi pemilih perempuan yang tidak akurat, polarisasi politik berbasis agama, dan tidak meratanya SDM dalam memahami politik. Hasil penggunaan strategi tersebut, Demokrat memperoleh suara lebih sedikit dibandingkan PKS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tama, D. A., Hasrul, H., Rafni, A., & Dewi, S. F. (2024). Strategi pemenangan Partai Demokrat dan PKS di DPC Kota Padang dalam Pemilu 2024. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 588-601. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.551

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>