Penggunaan platform Merdeka Mengajar dalam meningkatkan kompetensi profesional guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Silvia Nilam Sari
Junaidi Indrawadi
Fatmariza Fatmariza
Rinia Zatalini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas penggunaan platform merdeka mengajar di SMA N 6 Pariaman, menganalisis penggunaan fitur platform merdeka mengajar dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, dan mengidentifikasi kendala penggunaan platform merdeka mengajar dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA N 6 Pariaman. Metode penelitian ini mixed method dengan Sequential Eksplanatory. Responden dan informan dalam penelitian ini diambil melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data kuantitatif (validitas dan reliabilitas) serta kualitatif (triangulasi sumber). Hasil penelitian menunjukan bahwa realitas penggunaan platform merdeka mengajar sudah terlaksana dengan optimal dibuktikan dengan pemahaman guru dengan persentase 78% dikarenakan pemahaman guru semakin lama meningkat. Tingkat penggunaan dengan persentase 61% dimana guru mendapatkan inspirasi untuk pembelajaran yang menarik. Penerimaan dan adaptasi dengan persentase 48% dibuktikan guru memiliki minat yang tinggi untuk memperdalam pengetahuan yang dipelajari. Penggunaan fitur pada platform ini dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru yakni pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran melalui aplikasi quizizz. Kemudian guru mengalami kendala waktu dengan persentase 48% dikarenakan waktu guru mengajar yang cukup padat, memeriksa ujian dan tugas peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nilam Sari, S., Indrawadi, J., Fatmariza, F., & Zatalini, R. (2024). Penggunaan platform Merdeka Mengajar dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 545-556. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.574

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>