Implementasi Program Merdeka Belajar melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rilla Suci Dafitri
Hasrul Hasrul
Al Rafni
Yusnanik Bakhtiar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Merdeka Belajar Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Sijunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan tringulasi sumber. Data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program Merdeka Belajar Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Sijunjung yaitu dengan berlandaskan Profil Pelajar Pancasila yaitu dengan Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri melalui kegiatan keagamaan dan pengembangan Ektrakulikuler disekolah serta kegiatan pendukung lainnya serta melaksanakan kurikulum merdeka berubah yang mana bertujuan untuk pembentukan karakter siswa-siswi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dafitri, R. S., Hasrul, H., Rafni, A., & Bakhtiar, Y. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung. Journal of Education, Cultural and Politics , 2(2), 175-184. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i2.65

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6