Evaluasi projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi
Keywords:
profil pelajar pancasila, suara demokrasi, evaluasi program,Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep P5 di SMPN 31 Padang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan P5, mengidentifikasi faktor kendala yang dihadapi, dan mengusulkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 di SMPN 31 Padang telah dilaksanakan meskipun terdapat beberapa kendala utama, yaitu kurangnya persiapan modul ajar, keterbatasan waktu, pemahaman siswa yang terbatas mengenai tema demokrasi, dan kurangnya fasilitator eksternal. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut meliputi pentingnya memperkuat sumber daya pendukung, meningkatkan kolaborasi antar pihak sekolah, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan mendalam.