Kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar pada Pendidikan Pancasila

Authors

  • Arinda Nahdah Kurnia Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Moeis Universitas Negeri Padang
  • Tetti Eka Purnama Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.693

Keywords:

kedisiplinan siswa, proses belajar mengajar, pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelanggaran kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar dan upaya guru dalam mendisiplinkan siswa dalam proses belajar mengajar PPKn di MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penentapan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik dan alat pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Alat yang digunakan pedoman wawancara, alat perekam suara, kamera, dan buku catatan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengn cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelanggaran kedisiplinan oleh siswa masih terjadi. Kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar PPKn dapat membuat siswa memiliki dan komitmen dalam pelaksanaan kedisiplinan dalam lingkungan sekolah atau madrasah.

Downloads

Published

2025-02-17

How to Cite

Nahdah Kurnia, A., Indrawadi, J., Moeis, I., & Purnama, T. E. (2025). Kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar pada Pendidikan Pancasila . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 150–157. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.693

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>