Kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar pada Pendidikan Pancasila

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arinda Nahdah Kurnia
Junaidi Indrawadi
Isnarmi Moeis
Tetti Eka Purnama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelanggaran kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar dan upaya guru dalam mendisiplinkan siswa dalam proses belajar mengajar PPKn di MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penentapan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik dan alat pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Alat yang digunakan pedoman wawancara, alat perekam suara, kamera, dan buku catatan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengn cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelanggaran kedisiplinan oleh siswa masih terjadi. Kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar PPKn dapat membuat siswa memiliki dan komitmen dalam pelaksanaan kedisiplinan dalam lingkungan sekolah atau madrasah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nahdah Kurnia, A., Indrawadi, J., Moeis, I., & Purnama, T. E. (2025). Kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar pada Pendidikan Pancasila . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 150-157. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.693