Problematika yang dihadapi guru non-linier dalam pembelajaran PPKn di SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hima Salsabila
Maria Montessori
Isnarmi Moeis
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab guru non-linier mengampu mata pelajaran PPKn dan mengidentifikasi problematika yang dihadapi guru non-linier dalam pembelajaran PPKn di SMPN 4 Kerinci. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling dalam pemilihan informan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penyebab mata pelajaran PPKn di SMPN 4 Kerinci diampu oleh guru non-linier karena sekolah mengalami kekosongan guru linier dengan bidang PPKn akibat guru yang pensiun dan perpindahan tugas mengajar, terbatasnya rekrutmen tenaga pendidik baru yang linier dengan PPKn. Penugasan guru non-linier juga bertujuan untuk kewajiban beban jam mengajar bagi guru honorer agar tetap terdaftar dalam Dapodik. Problematika yang dihadapi guru non-linier dalam pembelajaran PPKn di SMPN 4 Kerinci terletak pada aspek kompetensi profesional dan keterbatasan dalam mendiagnosa pengetahuan dan penguasaan materi yang harus diajarkan. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru terkendala persiapan mengajar yang kurang optimal, penyampaian materi yang berpusat pada buku paket, serta kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Pada tahap evaluasi, guru non-linier menghadapi kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian yang dapat mengakomodasi perbedaan karakteristik peserta didik. Selain itu mereka juga menghadapi kendala kekurangan buku paket dan minimnya pelatihan untuk mengembangkan keterampilan profesional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Salsabila, H., Montessori, M., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2025). Problematika yang dihadapi guru non-linier dalam pembelajaran PPKn di SMP. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(2), 346-356. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.725

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>