Hidden Curriculum pembinaan nilai-nilai toleransi dan kepedulian pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Beta Aila Gustira a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Padang";}
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
  • Monica Tiara Universitas Negeri Padang

Keywords:

hidden curriculum, toleransi, kepedulian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hidden curriculum dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembinaan nilai-nilai toleransi dan kepedulian di madrasah. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan perdekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru pendidikan pancasila dan siswa, yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi hidden curriculum dalam membina nilai-nilai toleransi dan kepedulian siswa telah terlaksana dengan cukup baik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Meskipun masih terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya, salah satu kendala yang muncul adalah kesulitan yang dihadapi guru dalam membedakan antara hidden curriculum dan kurikulum formal, yang dapat mempengaruhi implementasi hidden curriculum dalam proses pembinaan nilai toleransi dan kepedulian siswa. Kemudian  kurangnya dukungan sekolah, terutama semua guru terkait imlementasi hidden curriculum, menyebabkan guru sulit untuk menerapkan pembiasaan nilai toleransi dan kepedulian secara konsisten.

Downloads

Published

2025-09-03

How to Cite

Aila Gustira, B., Montessori, M., Indrawadi, J., & Tiara, M. (2025). Hidden Curriculum pembinaan nilai-nilai toleransi dan kepedulian pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(3), 499–507. Retrieved from https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/817

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>