Penguatan karakter anak- anak di Panti Asuhan

Authors

  • Andriani Andriani a:1:{s:5:"en_US";s:3:"UNP";}
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
  • Monica Tiara Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.464

Keywords:

penguatan karakter, karakter anak, panti asuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program- program penguatan karakter anak yang ada di panti asuhan dan dampak dari adanya program penguatan karakter anak di panti asuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang berlokasi di panti asuhan putra Aisyiyah Nanggalo. Informan penelitian terdiri dari pengurus, pengasuh, dan anak- anak yang berada di panti asuhan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, observasi dengan dokumen terkait penguatan karakter. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membantu penguatan karakter anak, khusunya karakter religius, panti asuhan memiliki program- program seperti program sholat berjamaah, tahfidz, puasa Senin dan Kamis, dan kultum setelah subuh. Sedangkan untuk karakter mandiri, yaitu program piket harian dan mingguan, mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, serta pelatihan berbagai keterampilan. Program-program ini dapat membantu dalam penguatan karakter anak- anak asuh, khususnya karakter religius dan mandiri. Oleh karena itu, penguatan karakter sangat perlu bagi anak- anak di panti asuhan agar mereka bisa memiliki karakter sesuai dengan ajaran agama dan mereka mampu untuk mengurus diri sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Andriani, A., Isnarmi, I., Dewi, S. F., & Tiara, M. (2024). Penguatan karakter anak- anak di Panti Asuhan. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(2), 275–286. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.464

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>