Implementasi pembelajaran berdiferensiasi oleh Guru Penggerak PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reza Ariyani
Maria Montessori
Azwar Ananda
Al Rafni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, mengidentifikasi kendala dan upaya pembelajaran berdiferensiasi oleh guru penggerak PPKn dikedua sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 21 informan yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kedua sekolah sudah terlaksana dengan optimal walaupun masih belum sempurna dalam prosesnya baik dari segi diferensiasi konten, proses dan produk. Kendala yang ditemui oleh kedua guru penggerak PPKn dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi ialah heterogenitas kelas, keterbatasan waktu, penentuan tingkat penugasan, pertimbangan bobot nilai hasil belajar, dan respond resistensi yang bervariasi. Namun untuk mengatasi kendala yang ditemui guru penggerak PPKn di kedua sekolah melakukan upaya yakni kolaborasi antar guru penggerak, melakukan refleksi secara berkelanjutan, merancang modul berdiferensiasi, memberikan penugasan dan pertimbangan bobot nilai sesuai tingkat kemampuan siswa, dan membangun hubungan positif antar guru siswa secara fleksibel.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ariyani, R., Montessori, M., Ananda, A., & Rafni, A. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi oleh Guru Penggerak PPKn. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 508-516. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.490

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>