Penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn di SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novi Novi
Junaidi Indrawadi
Azwar Ananda
Henni Muchtar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peserta didik dalam menanamkan nilai lingkungan hidup dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan. Proses penanaman nilai-nilai lingkungan hidup melalui pembelajaran PPKn berjalan cukup baik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dengan keteladanan, penguatan positif dan negatif, seperti guru datang tepat waktu. Nilai-nilai yang ditanamkan seperti religious, toleransi, disiplin, cinta tanah air, peduli lingkungan. Dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup, guru memprioritaskan penyelesaian materi dan memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai lingkungan jika masih ada kelas yang kurang nyaman dan kotor guru mengarahakan siswa untuk membersihkan kelas terlebih dahulu. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn menurut kurikulum menrdeka di SMA Pertiwi 1 Padang yang diterapkan pada kelas X terlebih dahulu. Namun dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn menurut kurikulum merdeka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Novi, N., Indrawadi, J., Ananda, A., & Muchtar, H. (2025). Penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn di SMA. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 171-177. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.579

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>