Penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn di SMA

Authors

  • Novi Novi Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.579

Keywords:

pembelajaran PPKn, lingkungan hidup, nilai-nilai

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peserta didik dalam menanamkan nilai lingkungan hidup dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan. Proses penanaman nilai-nilai lingkungan hidup melalui pembelajaran PPKn berjalan cukup baik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dengan keteladanan, penguatan positif dan negatif, seperti guru datang tepat waktu. Nilai-nilai yang ditanamkan seperti religious, toleransi, disiplin, cinta tanah air, peduli lingkungan. Dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup, guru memprioritaskan penyelesaian materi dan memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai lingkungan jika masih ada kelas yang kurang nyaman dan kotor guru mengarahakan siswa untuk membersihkan kelas terlebih dahulu. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn menurut kurikulum menrdeka di SMA Pertiwi 1 Padang yang diterapkan pada kelas X terlebih dahulu. Namun dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn menurut kurikulum merdeka.

Downloads

Published

2025-02-22

How to Cite

Novi, N., Indrawadi, J., Ananda, A., & Muchtar, H. (2025). Penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn di SMA. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 171–177. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.579

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>