Penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn di SMA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peserta didik dalam menanamkan nilai lingkungan hidup dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan. Proses penanaman nilai-nilai lingkungan hidup melalui pembelajaran PPKn berjalan cukup baik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dengan keteladanan, penguatan positif dan negatif, seperti guru datang tepat waktu. Nilai-nilai yang ditanamkan seperti religious, toleransi, disiplin, cinta tanah air, peduli lingkungan. Dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup, guru memprioritaskan penyelesaian materi dan memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai lingkungan jika masih ada kelas yang kurang nyaman dan kotor guru mengarahakan siswa untuk membersihkan kelas terlebih dahulu. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn menurut kurikulum menrdeka di SMA Pertiwi 1 Padang yang diterapkan pada kelas X terlebih dahulu. Namun dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai lingkungan hidup pada siswa melalui pembelajaran PPKn menurut kurikulum merdeka.