Hubungan prokratinasi akademik dengan prestasi belajar siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gia Gusti Randa
Azwar Ananda
Maria Montessori
Fatmariza Fatmariza

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya perilaku prokratinasi akademik dikalangan siswa yang akan berdampak pada prestasi belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokratinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 159 siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang Tahun Pelajaran 2024/2025 yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data prokratinasi akademik diperoleh dari angket yang terdiri dari 28 butir pernyataan yang sudah valid dan reliabel. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan teknik dokumentasi menggunakan nilai Ujian Tengah Semester Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang siginifikan antara prokratinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang dengan hasil perbandingan r hitung=0,445 lebih besar (>) dari r tabel=0,148, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat prokratinasi akademik siswa, maka semakin rendah prestasi belajar siswa yang dicapai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Randa, G. G., Ananda, A., Montessori, M., & Fatmariza, F. (2025). Hubungan prokratinasi akademik dengan prestasi belajar siswa . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 62-69. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.611

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>