Pembelajaran inovatif dalam pembentukan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Halimatun Sa'diyah
Azwar Ananda
Isnarmi Moeis
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model–model pembelajaran inovatif yang telah diterapkan oleh guru PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMAN 10 Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran dan interaksi siswa di kelas, sementara wawancara dilakukan dengan guru dan siswa untuk mendapatkan pengalaman mendalam tentang proses pembelajaran mereka. Dokumentasi mencakup analisis materi ajar dan nilai harian siswa. Penelitian ini menganalisis data melalui penyajian data, reduksi data, verifikasi data, dan penerikan kesimpulan. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk menggali dan memahami proses pembentukan karakter disiplin siswa melalui model–model pembelajaran inovatif secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning, Jigsaw, Role Playing, Problem Based Learning, dan Discovery Learning terbukti efektif untuk membentuk siswa untuk berkarakter disiplin siswa. Terlihat bahwa siswa menunjukkan kedisiplinan waktu dalam menyelesaikan tugas, kedisiplinan terhadap kepatuhan aturan sesuai instruksi guru, kedisiplinan belajar dalam mendengarkan guru menerangkan materi dan disiplin untuk berpartisipasi aktif di kelas. Temuan ini diharapkan dapat menginspirasi pendidik untuk mengimplementasikan dan mengembangkan model pembelajaran inovatif pada pembelajaran yang berfokus pada pengembangan karakter disiplin siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sa’diyah, H., Ananda, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2025). Pembelajaran inovatif dalam pembentukan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran PPKn. Journal of Education, Cultural and Politics , 5(2), 454-460. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i2.695

Most read articles by the same author(s)

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >>