Implementasi perencanaan pembelajaran model Merdeka Belajar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Perencanaan Pembelajaran Model Merdeka Belajar Di SMAN 1 Sutera Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah pihak sekolah dan Dinas Pendidikan. Pengumpulan data melalui metode, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data yang diperoleh dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RPP Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Sutera ini hanya diberlakukan untuk kelas Fase E, guru-guru per mata pelajaran sudah membuat RPP Merdeka Belajar sesuai dengan aturan Kemendikbud, akan tetapi masih ada guru yang belum membuat RPP Merdeka Belajar ini sama sekali. Terdapat beberapa kendala dalam penerapan RPP Merdeka Belajar yaitu kurangnya pelatihan bagi guru dan kurangnya kolaborasi antar guru PPKn dalam peneyusunan RPP Merdeka Belajar. Oleh karena itu upaya untuk mengatasi kendala tersebut yaitu melakukan workshop, mengadakan In House Training, diskusi dengan guru penggerak dan Bimbingan teknis.