Peran sosial perempuan pada zaman Rasulullah SAW hingga zaman modern

Authors

  • Khoirul Anisa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Achmad Maftuh Sujana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Latifah Fitria Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nailah Rahmania Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hailala Najwa Isba Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

peran sosial, peran perempuan, zaman Rasulullah, zaman modern

Abstract

Penelitian ini membahas peran sosial perempuan dalam Islam dari zaman Rasulullah SAW hingga era modern dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi pustaka. Fokus kajian diarahkan pada perubahan kedudukan perempuan, kontribusinya dalam dakwah, pendidikan, dan aktivitas sosial keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak masa awal Islam, perempuan telah memiliki peran strategis dalam membangun moral dan intelektual masyarakat, sebagaimana ditunjukkan oleh Siti Khadijah dan Aisyah R.A. Di Indonesia, peran tersebut dilanjutkan oleh tokoh-tokoh seperti Nyai Nur Chadijah dan Siti Walidah Ahmad Dahlan melalui pendidikan dan pemberdayaan umat. Pada era modern, perempuan tampil sebagai pendakwah dan pendidik yang memanfaatkan teknologi digital dalam menyebarkan nilai-nilai Islam. Dengan demikian, peran sosial perempuan dalam Islam bersifat dinamis dan terus berkembang sesuai kebutuhan zaman, namun tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip syariat Islam.

References

Andryadi, I., Imanuddin, M., Januar, M. Z., & Hadini. (2025). Peran perempuan dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Alayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.51311/alayya.v5i1.782

Azis, A., Rizqi, A. F., Indah, L. L., & K, N. K. (2025). Tantangan dan problematika pendidikan masa kini dalam perspektif Islam di era globalisasi. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 224–240. https://doi.org/10.61132/moral.v2i2.990

Fentika Zahra Qoirunnisa, Arinda Nurmeita Kurniawan, Firda Noor Khalida, Muhammad Afriyanto, & Mahmud Yunus Mustofa. (2023). Peran ulama perempuan dalam pendidikan Islam: Upaya menembus patriarki agama di era digital. Istifkar, 3(2), 122–138. https://doi.org/10.62509/ji.v3i2.91

Hamid, R. Al. (2022). Pemaknaan kembali konsep wanita di era modern (Studi atas gagasan kaum feminisme dan fundamentalis). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1157–1169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2072

Hidayah, N., Rasjidi, R., & Munawar, S. (2025). Strategi pemberdayaan perempuan melalui program pendidikan agama Islam. Jurnal Locus: Penelitian & Pengabdian, 4(4), 1445–1466. https://doi.org/10.58344/locus.v4i4.3993

Hidayah, U. (2021). Makna ibu sebagai madrasah pertama dalam pendidikan keluarga perspektif studi gender. Egalita: Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender, 16(2), 31–46. https://doi.org/10.18860/egalita.v16i2.12968

Jannah, M., Afdal, A., & Hariko, R. (2024). Problematika peran ganda wanita karir: Strategi bimbingan dan konseling dengan konseling feminis dalam mengatasi tantangan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.32939/ijcd.v6i2.4100

Jumhuri, M. A. Al. (2023). Empowering women through Islamic education: Building equality and sustainable achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Kebudayaan Kebangsaan, 8(3), 2041–2047. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v10i3.22148

Koestanti, M., Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2024). Peran ibu sebagai madrasatul ula terhadap perkembangan karakter anak. Pendidikan Agama Islam, 4, 132–141. https://doi.org/10.53649/symfonia.v4i2.101

Legi Aulia Putri, & Ulva Rahmi. (2023). Pemanfaatan media digital untuk meningkatkan minat belajar PAI pada generasi milenial. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.59024/faedah.v2i1.662

Mufidah Hayati, Firani Putri, Muhammad Hafizh, & Januar Januar. (2023). Transformasi pendidikan agama Islam di era digital: Perspektif sosial dan tantangan kontemporer. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 224–235. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.797

Nurfah. (2025). Peran perempuan dalam pengembangan masyarakat Islam: Studi tentang kontribusi muslimah dalam pendidikan dan sosial di Bima, NTB. Jurnal Al-Tatwir, 12(1), 21–46. https://doi.org/10.35719/2paj0z58

Okta Fasya Fitri Romadhona, Siti Ratna Oktafiani, Umi Anjaliya Salma, & Mu’alimin Mu’alimin. (2024). Peran pusat pendidikan dalam sosiologi pendidikan Islam: Menjawab tantangan gender dan membangun karakter. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 272–277. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.349

Pratama, D. Y., Aji, D. B., & Thobroni, A. Y. (2024). Memberdayakan perempuan melalui pendidikan Islam: Perspektif dan tantangan kontemporer. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 167–178. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.1865

Sifa Maulida, A. S. (2025). Aktivitas manajemen pendidikan Islam dalam pemberdayaan perempuan melalui pendidikan nonformal di Kota Medan. Jurnal Khatulistiwa, 5(3), 1–19. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i3.6403

Suriyati, S., Suriati, S., Anis, M., & Mari, M. (2023). Strategi wanita karir dalam mengajarkan nilai-nilai agama pada anak di Desa Arabika Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 9(2), 12–24. https://doi.org/10.47435/mimbar.v9i2.2197

Downloads

Published

2025-11-07

How to Cite

Khoirul Anisa, Achmad Maftuh Sujana, Latifah Fitria, Nailah Rahmania, & Hailala Najwa Isba. (2025). Peran sosial perempuan pada zaman Rasulullah SAW hingga zaman modern . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(3), 579–591. Retrieved from https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/869

Most read articles by the same author(s)