Kajian historis etika kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib dalam Peradaban Intelektual Islam
Keywords:
etika kepemimpinan, moral islam, peradaban intelektualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara historis etika, moral, dan intelektual kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib dalam konteks pembentukan peradaban Islam awal. Melalui pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini menelusuri nilai-nilai kepemimpinan yang tercermin dalam prinsip keadilan sosial, kejujuran politik, dan kebijaksanaan hukum, serta dimensi moral seperti keberanian, keikhlasan, dan integritas diri. Hasil kajian menunjukkan bahwa Khalifah Ali memadukan kekuatan akal, spiritualitas, dan moralitas dalam mengelola pemerintahan, menjadikannya model kepemimpinan yang berorientasi pada kebenaran dan kemaslahatan umat. Nilai-nilai tersebut tetap relevan untuk diterapkan pada sistem pemerintahan modern, pendidikan karakter, dan pengembangan peradaban intelektual kontemporer. Dengan demikian, kepemimpinan Ali bin Abi Thalib menjadi simbol harmonisasi antara ilmu, iman, dan akhlak sebagai dasar kemajuan peradaban Islam.
References
Ahmad, I. S., & Masqon, D. (2016). Tarikh Khadharah Al-Islamiyah (4th ed.). Ponorogo: Darussalam Press.
Aini, N. M. (2022). Kharakteristik masa pembinaan pendidikan Islam pada masa Rasulullah (Makkah dan Madinah). DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 198–209. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i2.55
Al-Mufid, S. (2005). Sejarah Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib AS (M. A. Maulachela, Trans.; 1st ed.). Jakarta: Lentera.
Ash-Shalabbi, A. M. (2014). Biografi Ali bin Abi Thalib. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kausar.
Audah, A. (2003). Ali bin Abi Thalib sampai kepada Hasan dan Husein (1st ed.). Bogor: Lentera Antar Nusa.
Badriah, L. (2015). Kurikulum pendidikan Islam masa klasik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 155–176. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).155-176
Choirun, N. (2015). Pendidikan Islam pada masa Khulafa Al-Rasyidin dan Bani Umayyah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171–186. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1045/881
Dalimunthe, F. (1986). Sejarah pendidikan Islam. Medan: Rimbow.
Fathurrahman, M. (2017). History of Islamic Civilization. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hakim, K. (2019). The political communication forms running on Caliph Ali Ibn Abi Thalib’s government. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 2(3), 367–378. https://doi.org/10.33258/birci.v2i3.437
Hamka. (1975). Sejarah umat Islam (Vol. 2). Jakarta: Bulan Bintang.
Ilhamni, I. (2019). Pembukuan Al-Qur’an pada masa Usman bin Affan (644–656). Jurnal Ulunnuha, 6(2), 130–141. https://doi.org/10.15548/ju.v6i2.596
Isa, N. A. M., & Rozali, E. A. (2018). Konflik politik semasa pemerintahan ‘Ali ibn Abi Talib. International Journal of West Asian Studies, 10(6), 60–73. https://doi.org/10.22583/ijwas.2018.10.01.06
Creswell, J. W. (2010). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Lapidus, I. M. (2000). Sejarah sosial umat Islam (2nd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Maisyaroh. (2019). Kepemimpinan ‘Utsman bin ‘Affan dan ‘Ali bin Abi Thalib. Ihya Al Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1, 176–185.
Mubin, A. (2020). Penyelenggaraan pendidikan Islam zaman klasik (di masa Rasulullah SAW dan era kekhalifahan). Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 16(1), 22–30. https://doi.org/10.31000/rf.v16i1.2488
Hitti, P. K. (2006). History of the Arabs (C. L. Yasin & D. S. Riadi, Trans.). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Rosita, I. (2009). Dukungan Ali bin Abi Thalib terhadap dakwah Rasulullah. Jurnal Dakwah, 10(2), 119–142. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8375/1/ITA%20ROSTIANA%20DUKUNGAN%20ALI%20BIN%20ABI%20THALIB%20TERHADAP%20DAKWAH%20RASULULLAH.pdf
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Soekarno, & Supardi, A. (1985). Sejarah filsafat pendidikan Islam. Bandung: Angkasa.
Soraya, N. (2016). Lembaga pendidikan Islam periode awal dalam perspektif sejarah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 251–261. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1171/990
