Implementasin Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Pembelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmi Hertiani
Maria Montessori
Azwar Ananda
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi gerakan sekolah menyenagkan dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 35 orang untuk mendapatkan data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan informasi dari beberapa informan penelitian, dapat disimpulkan bahwa impelentasi gerakan sekolah menyenangkan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu (1) Suasana dalam pelaksanaan pembelajaran (2) Menggunakan metode bervariasi  (3) Guru sebagai model dan fasilitator (4) Penggunaan IT (5) Kebijakan sekolah yang memihak siswa dan guru. Dengan adanya implementasi ini, terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaanya, kendala dalam penelitian ini yaitu (1) Guru ditantang untuk menunjukan kenerja yang maksimal (2) Kurang biaya dalam pengadaan alat-alat dalam menunjang kegiatan pembelajaran (3) Jam mengajar guru yang banyak. Dengan adanya kendala-kendala ini, Guru PPKn mengupayakan beberapa hal untuk mengatasi kendala tersebut, diantaranya (1) Mengikuti pelatihan lokakarya pembelajaran PPKn (2) Menggunakan biaya iuran kelas dan ketersediaan alat-alat oleh guru PPKn (3) Kolaborasi dengan tenaga pendidik lain atau staff pendidik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hertiani, R., Montessori, M., Ananda, A., & Indrawadi, J. (2025). Implementasin Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Pembelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Padang. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(4), 936-943. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i4.386

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>