Strategi guru dalam menanamkan wawasan kebhinekaan global melalui pembelajaran PPKn

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tazia Aprilia
Junaidi Indrawadi
Maria Montessori
Isnarmi Isnarmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menanamkan wawasan kebhinekaan global di SMAN 13 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menanamkan wawasan kebhinekaan global pada siswa dengan strategi yaitu mengembanngkan materi kebudayaan-kebudayaan lokal agar siswa dapat mempertahankan budayanya, memberikan video pembelajaran mengenai kearifan lokal dan hidup rukun dalam perbedaan, memberikan tugas diskusi kelompok agar dapat berinteraksi dan bekerja sama menyampaikan pendapat mengenai perbedaan yang diketahui dan dituangkan dalam bentuk komik. Hambatan guru dalam menanamkan wawasan kebhinekaan global yaitu siswa terekspos konten-konten intoleran di media sosial, belum maksimalnya sarana untuk pembelajaran serta sulitnya guru mengontrol akses siswa ke Konten-konten intoleran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aprilia, T., Indrawadi, J., Montessori, M., & Isnarmi, I. (2024). Strategi guru dalam menanamkan wawasan kebhinekaan global melalui pembelajaran PPKn . Journal of Education, Cultural and Politics , 4(2), 467-475. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.454

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6