Korelasi kemudahan penggunaan platform belanja online terhadap sikap konsumtif mahasiswi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Denia Amelia
Azwar Ananda
Maria Montessori
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemudahan penggunaan platform belanja online dengan sikap konsumtif mahasiswi. Misalnya gaya hidup yang trendy dianggap sebagai kompetisi fashion sehingga banyak mahasiswi mengalami tekanan psikologis yang parah hingga mengambil tindakan ekstrim seperti bunuh diri, karena terjebak dalam hutang dan pinjaman online yang diambil untuk memenuhi gaya hidup konsumtif mereka serta adanya kemudahan dalam mengakses platform belanja online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling dengan dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan mengenai hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemudahan penggunaan platform belanja online dengan sikap konsumtif. Dapat diartikan semakin mudah platform belanja online digunakan, semakin tinggi tingkat sikap konsumtif dikalangan mahasiswi. Kemudahan penggunaan disini mencakup berbagai aspek seperti navigasi yang sederhana dan proses transaksi yang cepat dan efisien. Sebaliknya semakin susah penggunaan platform belanja online maka semakin rendah sikap konsumtif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amelia, D., Ananda, A., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2024). Korelasi kemudahan penggunaan platform belanja online terhadap sikap konsumtif mahasiswi. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 701-709. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.559

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7