Strategi guru PPKn dalam membina civic virtue pada siswa kelas IX SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vera Rahmayanti
Isnarmi Moeis
Maria Montessori
Junaidi Indrawadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam membina civic virtue, hambatan guru dalam membina civic virtue dan upaya yang dilakukan guru dalam membina civic virtue. informan penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PPKn Kelas IX, siswa Kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: pertama bentuk strategi guru dalam membina siswa yaitu dengan membiasakan siswa untuk saling membantu dalam tugas sekolah, membiasakan siswa bertanggung jawab, mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan pemberian nasihat secara rutin. Kedua hambatan guru dalam membina civic virtue yaitu jumlah siswa yang banyak, waktu guru yang terbatas, dan banyaknya tugas guru. Ketiga upaya yang dilakukan guru dalam membina civic virtue pada siswa di SMP Negeri 1 Rantau Pandan yaitu pemberian sanksi yang tegas, dukungan dari pihak sekolah, kerjasama orang tua dan guru.


 


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmayanti, V., Moeis, I., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2025). Strategi guru PPKn dalam membina civic virtue pada siswa kelas IX SMP . Journal of Education, Cultural and Politics , 5(1), 101-106. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.632

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >>