Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widyaliza Fitri Islamy
Fatmariza Fatmariza
Azwar Ananda
Maria Montessori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan secara daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ialah kuantitaif-deskriptif, dengan 80 orang responden mahasiswa Departemen Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dari angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 28,75% mahasiswa memiliki kemandirian belajar yang rendah, hal ini termasuk dalam melakukan evaluasi pada proses pembelajaran. Sedangkan sebanyak 71,25% mahasiswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi, yaitu dalam membuat perencanaan belajar, melakukan aktivitas belajar secara individu dan dapat meminimalir faktor-faktor penghambat dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan secara daring pada masa pandemi covid-19 sudah baik. Perkuliahan secara daring, membuat mahasiswa secara sadar memiliki tanggungjawab dalam melakukan proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Kondisi ini diharapkan dapat terus terjaga dan meningkat untuk seluruh mahasiswa, sebagai kewajibannya dalam belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Islamy, W. F., Fatmariza, F., Ananda, A., & Montessori, M. (2022). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education, Cultural and Politics , 2(2), 104-115. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i2.63

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7