Internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture di SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wulanda Eka Putri
Junaidi Indrawadi
Isnarmi Isnarmi
Suryanef Suryanef

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture di SMAN 1 Airpura, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture di SMAN 1 Airpura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan dengan triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, Kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan proses internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi ekskul kebangsaan, kegiatan peringatan hari besar nasional, kegiatan gotong royong, musyawarah, sosialisasi, debat dan proyek sosial. Selanjutnya faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture yakni adanya kualitas guru yang menunjang proses internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture, keikutsertaan siswa, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat civic culture yakni pengaruh dari teknologi yang semakin canggih.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Eka Putri, W., Indrawadi, J., Isnarmi, I., & Suryanef, S. (2024). Internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui civic culture di SMA. Journal of Education, Cultural and Politics , 4(3), 630-641. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.492

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>