Peran guru PPKn dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Siswa Studi pada Siswa di SMPN 2 Hiliran Gumanti Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Erma Santia
Junaidi Indrawadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru, upaya guru dan kendala guru dan sekolah dalam mengembangkan sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yang berlokasi penelitian di SMP N 2 Hiliran Gumanti kabupaten Solok. Responden berjumlah 9 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data menggunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwas sikap tanggung jawab siswa masih belum terlaksana dengan baik, karena masih banyak siswa yang lalai terhadap tugas yang diberikan. Sikap tanggung jawab siswa disekolah sangatlah penting untuk di kembangkan. Siswa haruslah menjelaskan dengan baik tanggung jawab dan tugas yang diberikan guru. Melakukan kerja sama antar sesama teman, dimana guru berperan penting dalam upaya mengembangkan sikap tanggung jawab siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan sikap tanggung jawab siswa di SMP N 2 Hiliran Gumanti adalah dengan selalu memberikan motivasi memberikan nasehat, pengarahan dan memberikan sanksi teguran hukuman jika mereka tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Kendala dan hambatan seperti masih kurangnya sarana dan prasarana, siswa yang masih banyak lalai terhadap tanggung jawab yang diberikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Santia, E., & Indrawadi, J. (2021). Peran guru PPKn dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Siswa : Studi pada Siswa di SMPN 2 Hiliran Gumanti. Journal of Education, Cultural and Politics , 1(2), 48-56. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.24

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>